Proses Pembentukan Negara Occupatie, fusi, cassie, acessie, proklamasi, anexatie, inovation, separatische

Hello lagi sobat saya disini akan memberikan informasi tentang pendidikan PKN tentang proses terbentuknya suatu negara, saat saya diberi tugas oleh guru saya tentang bab ini, terus saya cari-cari di Google eh dapet seperti ini, langsung saja saya copy ke blog saya ini, nah info ini buat kita semua yang masih belum tahu ataupun dapet tugas seperti saya, langsung saja.....


PROSES TERBENTUKNYA NEGARA

1.       Occupatie (Pendudukan)
Hal ini terjadi ketika suatu wilayah yang tidak bertuan dan tidak dikuasai kemudian diduduki dan dikuasai oleh suku, kelompok tertentu.
Contoh: Liberia yang diduduki oleh budak-budak Negro dimerdekakan pada tahun 1847.

2.       Fusi (Peleburan)
Fusi merupakan gabungan dua negara atau lebih. Hal ini terjadi ketika negara-negara kecil yang mendiami suatu wilayah mengadakan perjanjian untuk saling melebur menjadi negara baru.
Contoh : Terbentuknya Federasi negar Jerman pada tahun 1871, yaitu Jerman Barat-Jerman Timur. 

3.       Cessie (Penyerahan)
Hal ini terjadi ketika suatu wilayah diserahkan kepada negara lain berdasarkan suatu perjanjian tertentu.
Contoh : Wilayah Sleeswijk diserahkan oleh Austria kepada Prusia(Jerman), karena ada perjanjian bahwa negara yang kalah perang harus memberikan negara yang dikuasainya kepada negara yang menang. Austria adalah salah satu negara yang kalah dalam Perang Dunia I.

4.       Accsie (Penaikan)
Hal ini terjadi ketika suatu wilayah terbentuk akibat penaikan lumpur sungai atau timbul dari dasar laut atau delta. Kemudian wilayah tersebut dihuni oleh sekelompok orang sehingga terbentuklah negara. Contoh : wilayah negara Mesir terbentuk dari delta sungai Nil.

5.       Anexatie (Pencaplokan)
Suatu bangsa berdiri disuatu wilayah yang dikuasai (dicaplok) oleh bangsa lain tanpa reaksi berarti.
Contoh : Ketika pembentukan Negara Israel, pada tahun 1948 wilayahnya banyak mencaplok daerah Palestina, Suriah, Yordania, dan Mesir. 

6.       Proclamation (Proklamasi)
Hal ini terjadi karena ketika penduduk pribumi dari suatu wilayah yang diduduki oleh bangsa lain mengadakan perjuangan (Perlawanan) sehingga berhasil merebut wilayahnya kembali, dan menyatakan kemerdekaannya.
Contoh : Negara Indonesia yang merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945 dari penjajahan Belanda dan Jepang. 

7.       Inovation (Pembentukan baru)
Munculnya suatu negara baru diatas wilayah suatu negara yang pecah karena suatu hal yang kemudian lenyap.
Contoh : Negara Columbia yang pecah dan lenyap kemudian diwilayah tersebut muncul negara baru, yaitu Venezuela dan Columbia baru. 

8.       Separatische (Pemisahan)
Suatu wilayah negara yang memisahkan diri dari negara yang semula menguasainya kemudian mengatakan kemerdekaannya.
Contoh : Pada tahun 1939, Belgia memisahkan diri dari Belanda dan menyatakan kemerdekaannya.

Gimana sobat udah puas, sekian dari saya Muhamad Bagus A, untuk pamit dulu seelumnya saya mohon maaf yang sebesar-besarnya atas kesalahan saya ya.....dahhhhh

Referensi :

0 Response to "Proses Pembentukan Negara Occupatie, fusi, cassie, acessie, proklamasi, anexatie, inovation, separatische"

Posting Komentar